JURNAL/AKSI NYATA MODUL 1 PILOTING PPG GURU TERTENTU TAHUN 2024
PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN UNDERSTANDING by DESIGN (UbD)
Nama : Nova Yanti Tapparan,S.Kom
No.UKG : 201502767567
Mapel : INFORMATIKA
LPTK : Universitas Negeri Makassar
Pendahuluan
UbD adalah suatu pendekatan pembelajaran yang dimulai dengan menentukan tujuan pembelajaran yang jelas dan mendalam. Setelah itu, dirancanglah berbagai aktivitas pembelajaran yang akan mengantarkan siswa pada pemahaman yang diinginkan.
TAHAP KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN
Tahap 1: Menentukan Tujuan Pembelajaran
- Tujuan:
o Siswa dapat melakukan konversi bilangan antara sistem bilangan desimal, biner, oktal, dan heksadesimal dengan benar
o Memahami konsep dasar dari setiap sistem bilangan.
- Mampu menerapkan konsep konversi dalam pemecahan masalah sederhana.
- Mengembangkan kemampuan berpikir logis dan sistematis.
Tahap 2: Merancang Aktivitas Pembelajaran
- Pengenalan Konsep:
- Kegiatan: Menayangkan video yang menjelaskan perbedaan antara sistem bilangan desimal, biner, oktal, dan heksadesimal.
- Tujuan: Agar siswa dapat memahami tentang konsep dasar setiap sistem bilangan.
- Eksplorasi Konsep:
- Kegiatan:
- Membagi peserta didik dalam beberapa kelompok
- Memberikan tugas kelompok untuk membuat presentasi yang menjelaskan cara kerja konversi bilangan dari satu sistem ke sistem lainnya.
- Tujuan: Membantu siswa untuk memperdalam pemahaman mereka tentang proses konversi dan menemukan berbagai cara untuk menyelesaikan masalah konversi.
- Penerapan Konsep:
- Kegiatan: Memberikan soal-soal latihan konversi bilangan dengan tingkat kesulitan yang bervariasi.
- Tujuan: Memastikan siswa dapat menerapkan konsep yang telah dipelajari dalam menyelesaikan masalah secara mandiri.
- Evaluasi:
- Kegiatan: Memberikan kuis atau tes tertulis untuk mengukur pemahaman siswa secara individual.
- Tujuan: Mengetahui sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
3. Tahap 3: Menentukan Produk Akhir
- Produk Akhir: Setiap kelompok siswa membuat program sederhana (misalnya menggunakan bahasa pemrograman Python atau C++) yang dapat melakukan konversi bilangan secara otomatis.
Kesimpulan
Keunggulan Penerapan UbD:
- Pembelajaran yang Bermakna: Siswa tidak hanya menghafal rumus, tetapi juga memahami konsep di baliknya.
- Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis: Siswa dilatih untuk menganalisis masalah, mencari solusi, dan mengevaluasi hasil.
- Peningkatan Motivasi Belajar: Siswa merasa lebih terlibat dalam proses pembelajaran dan memiliki tujuan yang jelas.
Penerapan Understanding by Design dalam pembelajaran teknik konversi bilangan dapat menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna bagi siswa. Dengan merancang pembelajaran yang dimulai dari tujuan akhir, guru dapat memastikan bahwa semua siswa mencapai pemahaman yang mendalam tentang materi yang diajarkan.
Komentar
Posting Komentar